Senin, 05 September 2011

Balet di Indonesia

Di Indonesia ada 3 aliran ballet yang menjadi acuan dalam latihan dan penilaian yaitu Royal Academy of Dance atau disingkat RAD, Vaganova, dan Australian Teacher of Dance atau dikenal dengan ATOD.

Royal Academy of Dance (RAD)
RAD adalah organisasi tari terbesar di dunia dengan anggota lebih dari 13.000 anggota dari 79 negara. RAD tak hanya menjadi organisasi pendidikan dan pelatihan namun hasil ujian diakui dengan taraf internasional. Gaya balet yang menjadi dasar silabus RAD diakui secara internasional sebagai gaya balet Inggris.
Vaganova
Adalah sekolah balet klasik di Saint Peterburg, Rusia. Didirikan oleh Agrippina Vaganova pada tahun 1738. Akademi Vaganova sangat terkenal dan banyak diminati oleh para calon murid. Setidaknya ada 3000 orang setiap tahunnya yang melakukan audisi untuk dapat bergabung dengan akademi ini.  Proses audisi biasanya dilakukan pada bulan Juni dan audisi dibagi menjadi 3 bagian yaitu  Aptitude, Fisik, dan Artistik.
Australian Teacher of Dance (ATOD) 
Berdiri pada tahun 1991 sebagai organisasi yang tidak komersil dengan tujuan dapat menciptakan lingkungan studio tari yang menarik dan professional baik di Australia maupun di luar Australia. Pada tahun 2002 para komite yang terdiri dari guru, penguji juga lulusan dari The Australian Ballet School menyempurnakan silabus yang digunakan oleh para anggota ATOD. Organisasi ini juga secara berkali memberikan beasiswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar