Selasa, 06 September 2011

Kapan sebaiknya mulai les ballet?

Saat memulai latihan ballet sebenarnya tidak ada batasan usia. Apakah akan mulai pada usia 15 tahun atau bahkan 25 tahun tidak menjadi masalah. Semua tergantung pada tujuan dan komitmen berlatih ballet. Jika berlatih ballet untuk kesenangan dan pengalaman, di usia berapa pun bisa dimulai. 
Ballet pada usia di bawah 7 tahun ada yang lebih merasa pas dengan menyebutnya  sebagai pre-balet karena di usia sebelum 7 tahun tubuh anak-anak masih belum terlalu kuat. Apa bila sudah latihan sebelum usia 7 tahun, juga tak ada salahnya karena pada usia ini anak-anak balita sudah mulai bermain dengan iringan musik, melenturkan tubuh dan berlatih sosialisasi serta percaya diri. Kecintaan pada ballet sudah mulai dipupuk.   
Mengapa di usia 7 tahun apabila bisa memulai ballet di usia 10 tahun? Seperti juga pendidikan formal di sekolah, berlatih ballet pun melalui jenjang atau grade. Penempatan kelas atau grade bukan semata berdasarkan usia tetapi juga berdasarkan kemampuan. Tak heran apabila untuk duduk di grade tertentu harus melalui  test terlebih dahulu.
Usia 12 adalah usia yang dinilai pas untuk mulai berlatih pointe shoes. Pada usia ini dianggap bahwa kaki sudah berkembang dengan maksimal dan latihan-latihan sebelumnya minimal 3 tahun, sudah ikut membentuk kekuatan pada jari-jari, telapak kaki, betis, dan kaki keseluruhan serta keseimbangan.
Jadi usia berapa pun Anda atau anak Anda, kalau ingin berlatih, jangan ragu-ragu lagi....
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar